Tips&TriCk manAjemEn FilE di K750i


ini adalah tips&tRick dari gw, sapa tau aja manfaat. SebelUmnya gw minta maap dulu
klo sekiranya tipS&triCk ini dah pernah dimuAt sebelumnYa, gw ga bermaksud ngAku2.
Jadi klO sekiranyA emang daH ada yg UploaD tulisAn serupa DengaN ini, gw MinTa maap ya.

Ok, sebenernYa ini ga hanYa di pake di K750i tp gw yAkin biSa juga buAt hapE yang laen
buatan sonyEricsson misal k700, z530 dan yang laennya deh yg penTing SonEr ajah, tRus
dukung jaVa n klO bisA layar lebIh gede dari 176×220.(buat hape ProDuk laen, coba aja
tp gw ga NanggunG)

yang perTama tentu aja kiTa harus punYa hapE yg ndukung javA🙂, kedua insTall aplikasi
java moByExplorer dan terakHir siApkan file ato direktori/folder yg akan qta test. Klo dah
siap kita masuk ke tipS sekarang:

A. memBuat file ato direktori qta ga bisa di hapUs.
terkadang Kita iNgin Melindungi filE ato DirekTori tertEntu agar Dia tiDak terhapus,
baik itu SengAja mauPun tidak. sAyangnya hanya fiLe ato diRektori baWaan dari SonEr
yang biaSanya di SettinG sePerti itU (ga bisa Dihapus, CaTet!). nAh dengaN mObyExplOrer
kita Juga daPat MensettIng fiLe ato DirekTori buatan KiTa agar ga bisa di hapUs.
carAnya siMple

1. BukA moByExploRer, kemudian ArahKan pada filE ato DirEktori yg Kita inginkAn.
2. coPy filE ato DiRektori ke teMpat yg Lain, jIka sekiRanya Ragu2 akaN hAsilnya NanTi.
3. SetElah kEtemU dgn fiLe yg diinGinkan, Pilih meNu->proPertiEs…
4. ArahkAn kebawAh, hinggA keteMu 3 buah CheckboX deNgaN nilAi Readable, WriTe dan HiDden.
5. taNdai ReadabLe, dan kOsongKan unTuk wRite dan HiddEn.
6. SeTelah itu PiliH Ok. maKa filE anda SekaRang amaN dAn tak BisA unTuk diHaPus.

SebenaRnya, denGan Nilai PropErtiEs diaTas (ReAdable) maka File aTo diRekTori milIk kita
tidAk hanYa ga MemunGkin Untuk di HapuS Tapi JugA oPeraSi FilE Lainnya, sePertI coPy, Cut
dan RenAme. BisA diKataKan fiLe kiTa aMan daRi tanGan2 jahil oRang, saaT mereKa MinJem
haPe Kita.

B. mEnguNci filE or diRektoRi.
ini bIasanya saYa LakuKan saaT meMiliKi fiLe or DiRektoRi yang pRivaTe(personal filE n
DiRekatOri, CaTet!). miSal puNya cAteTan uTang yg ga pEngen diKetahui oRang (bwaha..ha…ha.)
or aDa foTo calOn isTri (he…he…he..🙂 ) PokoKe yg mnuRut lo PerSonal n haNya lo
aJa yg Leh tau deh…!
caranYa juga siMple koQ, sAma sePerti LangKah DiaTas pada PoiNt A. haNya saJa kita
mengGanti niLai pRoperTiesnya menJadi WriteAble(tandai valUe wriTe Ajah). JikA ini
diLakukAn pada FiLe maka fIle terSebuT tiDak DApat dibaca, miSal fiLe muSik maka akAn
aDa pEsan “CannoT Play FilE”, KemUdian jIka diLakuKan padA diRekTori maka DiRektorI
teRsebut akAn diAnggap KosonG.

nb:
seKedaR saRan, lAkukAn pRopertiEs ini PadA diRekTori Saja seBab Akan MengHemaT WaKtU
daLam PenUlisAnnyA di HaPe. teRlalU baNyaK filE yg aNda uBah hAnyA akAn MerePotKan
aNda senDiri nanTinya, jadi LakukAn saJa padA diRekTori Yang DiDalamnYa teRdaPat
fiLe2 PriVate anDa.

C. meLaKukan EnkripSi tErhadaP filE.
tErkaDang keDua LangkaH diaTas tiDak Bisa diLakukan, dikAreNakan berBagai Hal sePerti
kiTa meLakukAn lanGkah B teRhaDap file yg tErleTak pd diRekTori yg BerBedA-bEda dAn banYak.
maKa kitA daPat melAkukan Cara yg Lain, yaItu meLaKukan EnkripSi tErhadaP filE teRsebut.
cAra MelakuKannYa:

1. BukA moByExploRer, kemudian ArahKan pada filE ato DirEktori yg Kita inginkAn.
2. coPy filE ato DiRektori ke teMpat yg Lain, jIka sekiRanya Ragu2 akaN hAsilnya NanTi.
3. SetElah kEtemU dgn fiLe yg diinGinkan, Pilih meNu->pRoteCt…
4. PiliH EnCryPt… untUk MelaKukan EnKripSi, dan
5. piLih DecryPt… unTuk meMbuKa EnkRipsi.

nb:
keLemahan DarI MetoDe ini AdAlah daLam Hal kecEpatan WakTu pEnuliSan Enkripsi yg TergAntung
paDa ukurAn BeSarnyA fiLe. KemuDian EnkriPsi juGa belum BisA diLakukAn teRhaDap diRekTori.
jaDi, tenTukan PilIhan Anda sebElum MenggunAkan EnkripSi ini.

D. PackAging File
iNi munGkin yg TerAkhir yg Bisa Gw kAsih buat SekarAng, yaiTu meLakukan Packaging File
carAnya ginI:

1. BukA moByExploRer, kemudian ArahKan pada filE ato DirEktori yg Kita inginkAn.
2. coPy filE ato DiRektori ke teMpat yg Lain, jIka sekiRanya Ragu2 akaN hAsilnya NanTi.
3. SetElah kEtemU dgn fiLe yg diinGinkan, Pilih meNu->PaCk…
4. Pilih gZip… unTuk MelakukAn PackaginG, daN
5. piLih gUnziP… unTuk memBukA packaGe.

ya, ini Sperti WinZip Klo makE winDows, Tar klO makE liNuX. saYangnya kitA bElum bisA
meLakukAn oPerasi inI terHadaP diRektoRi. KemuDian Kalaupun diLakuKan pada fiLe, maka
hasIl zip akAn berDiri Sendiri2.

OkE seGitu DulU ya, dah Malem nieh…. sebEnernya nulisnYa sieh Ga lAma, cumAn
gw saMbil nonTon Die Hard di GloBal TV makAnya samPe MaleM bgini.. he..he…he..
jam di Kompi dah nunJukin puKul 22:37, jaDi WakTunYa tiDur, biar SubuHnya ga
KebaKaran. Lagi Pula beSok harus jaGa UjiAn PrakTikum SisTem OperAsi,
So Badan kudu SeGerrrrr…

Dah Duloe, Klo aDa KriTik&saRan kasIh CommenT ajA ya….🙂
gw oPenSource koQ….

About asyhadione

jusT an Ordinary man

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: