Pemakaian iPhone Mengejutkan Raksasa Search

Google pada hari Rabu kemarin (13 Februari 2008) mengatakan bahwa mereka telah melihat 50 kali lipat lebih banyak pencarian yang datang dari iPhone dibandingkan ponsel lain, sebuah fakta yang begitu mengherankan bahkan Google sendiri curiga bahwa mereka telah melakukan kesalahan dalam mengolah data mereka sendiri.
Vic Gundotra, pimpinan divisi mobile operations Google mengatakan di Mobile World Congress Barcelona bahwa “kami mengira laporan ini adalah sebuah kesalahan dan memaksa insinyur kami mengecek log sekali lagi.”
Apabila perusahaan – perusahaan lain mengikuti langkah Apple yang membuat akses web lebih mudah di produk ponselnya, Gundotra percaya bahwa jumlah pencarian di alat portabel berkemungkinan melampaui pencarian internet lewat komputer biasa “dalam beberapa tahun.”
Tentunya hal ini berarti peningkatan yang besar dalam pendapatan iklan untuk penyedia pencarian yang bermarkas di Mountain View ini. Walaupun pendapatan utama Google tetap berasal dari iklan online, mereka belum pernah membedakan pendapatan yang berasal dari alat portabel dari pendapatan dari browser komputer tradisional.
Akan tetapi, Gundotra mengatakan bahwa segmen portabel bertumbuh “di luar perkiraan,” baik dalam pemakaian maupun dalam pendapatan.
“Dunia sedang berubah. Pemakai menginginkan internet yang tidak memiliki perbatasan. Mereka tahu cara mengetik Google.com apabila ingin mencari sesuatu. Dua tahun yang lalu para operator ponsel masih memainkan peran penjaga gerbang akan tetapi hal ini sudah tidak berlaku untuk hari ini,” lanjut Gundotra.
Gundotra juga mengulang posisi jangka panjang Google di pasar ponsel, yaitu bahwa Google kemungkinan besar tidak akan membuat ponsel sendiri walaupun banyak spekulasi tentang hal ini.
Gundotra mengatakan bahwa mereka “ingin semua ponsel menjadi ponsel Google. Kami berbicara tentang ribuan alat. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah untuk menanamkan operating system portabel Google, Android di sebanyak mungkin ponsel.”
Google mengatakan bahwa ponsel berbasis Anroid pertama akan mulai dijual di pertengahan kedua 2008.

Sumber:
1.www.udaraMaya.com
2.http://www.appleinsider.com/articles/08/02/14/google_iphone_usage_shocks_search_giant.h tml

About asyhadione

jusT an Ordinary man

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: