Setting Email Google di W660i

Baik, setelah kemarin selesai dengan setting GPRS di W660i dengan kartu simpati telkomsel. Sekarang kita akan melakukan setting Email di handset tersebut, yaitu Sony Ericsson W660i. Kemudian untuk email yang akan kita gunakan adalah email dari google, jadi bagi yang belum memiliki account di google silahkan dibuat dulu accountnya.
Sebelum kita melakukan setting di handset terlebih dahulu kita coba pastikan bahwa GPRS telah aktif dan berjalan dengan sempurna, sebab setting yang akan kita gunakan sangat bergantung pada koneksi internet via GPRS. Cara memastikan bahwa GPRS telah berjalan dengan sempurna adalah surfing menggunakan browser bawaan dari Sony Ericsson, misalnya dengan membuka http://AsyhadiOne.BlogSpot.com jika bisa membuka halaman tersebut berarti setting GPRS telah berhasil dan kita akan melakukan setting untuk Email nya sekarang.
Email dalam handset sony ericsson ada dalam menu messaging, jadi masuk ke menu messaging dan pilih sub menu email. Berikut akan diurutkan penyetinggannya:
–Messaging –> email –> Settings –> new account.
–Buat nama account dengan nama bebas, misalkan saya menggunakan nama Gmail. Setelah membuat nama account akan muncul beberapa menu, kita fokuskan pada settingnya saja ya…🙂
–Connect using: Tsel GPRS (diambil dari data account yang ada di data comm. Yang kita buat untuk setting GPRS kemarin)
–Emai Address: alamat email lengkap kita di google, misalkan asyhadi@google.com
–Connection type: POP3
–Incoming server: pop.gmail.com
–username: login untuk akses email asyhadi@google.com, saya menggunakan asyhadi.
–Password: password untuk email asyhadi@google.com. (ini rahasia)
–Outgoing server: smtp.mail.google.com
–Advanced Settings:
    *Encryption: untuk incoming server pilih SSL dan untuk Outgoing server no encryption.
    *Outg. Username: kosongkan
    *Outg. Password: kosongkan.
    *Incoming port : 995
    *outgoing port: 25
Setelah setting tersebut anda bisa langsung konek ke server google untuk mengecek email. Yaitu dengan masuk ke email –> Inbox, kemudian tekan Send&rec. Perlu diketahui, bahwa setting ini menggunakan koneksi GPRS secara manual dan bukan layanan push email dari telkomsel ataupun berlangganan seperti menggunakan blackberry, sehingga jika ada email baru yang masuk kita tidak akan mendapat pesan masuk seperti layaknya sms. Untuk mengecek apakah ada email baru di inbox, maka kita harus menekan Send&rec secara berkala. Walaupun sebenarnya kita bisa mengatur kapan handset harus melakukan pengecekan secara berkala misalkan tiap 5 menit, 20 menit, 2 jam dan sebagainya di advanced setting pada saat membuat account email.
Nah, mungkin itu cara untuk setting email manual menggunakan google yang ada pada menu email di sony ericsson W660i, cara lainnya adalah dengan mendownload aplikasi gmail di http://gmail.com/app yang mana file tersebut berupa aplikasi java, dimana untuk versi yang terakhir saya cek pada versi 1.5.0.1191. Setelah anda mendownload maka anda juga dapat langsung mengecek email anda di google tanpa harus melakukan setting lagi, dan ini lebih baik lagi sebab aplikasi ini seperti layanan real time yang akan mengecek email mana yang telah di baca dan email mana yang baru dan belum dibaca, selain itu jika kita menghapus email di aplikasi ini maka email yang ada diserver google juga akan di hapus. Berbeda dengan setting email bawaan handset yang akan mendownload emai ke handset sehingga jika kita hapus email yang ada di handset maka email yang ada diserver tidak akan terhapus.
Selesai sudah, selamat menikmati fasilitas email dari handset sony ericsson.
Catt: karena kita menggunakan GPRS, maka bertindak bijaksana dalam penggunaannya. Untuk pertimbangan saja, saat saya menggunakan email yang ada di handset W660i ini saya mendownload sekitar 280 pesan email dan itu menghabiskan pulsa sekitar Rp.10.000,- email yang di download adalah semua pesan dari awal dibuatnya account google, bukan pesan yang belum terbaca saja. Hal ini dikarenakan itu adalah pertama kalinya handset W660i melakukan koneksi dan download dari server google. Namun setelah terdownload semua, maka untuk pengecekan berikutnya akan melakukan download pesan yang terbaru saja. Jadi, pertimbangkan saja jika anda telah memiliki 1000 pesan di dalam account google anda!!!!!!
Sekedar saran, gunakan email handset W660i untuk mengirim email, dan gunakan aplikasi gmail untuk mengecek email. Itu terasa lebih hemat bagi saya….. tapi semua kembali kepada anda semua… apakah anda mencari kemudahan atau mencari hemat akses.

About asyhadione

jusT an Ordinary man

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: