Berhentilah merokok kawan…

 Sudah lama sekali aku ingin menulis mengenai berhenti merokok ini. Keinginan ini muncul kalau tidak salah sewaktu kelas 2 SMA dulu, saat dimana kebutuhan akan biaya sekolah sangatlah besar. Namun, disaat yang bersamaan ayah masih makin kenceng merokoknya. Sebenarnya keinginan untuk menulis ini juga sempat luntur, lantaran saat itu saya disogok dengan dibelikan Komputer pentium 4 terbaru… hehehe

Namun, seiring berjalannya waktu ternyata keputusan saat itu menurut saya adalah salah! Mengapa? karena Allah memberikan teguran keras kepada Ayah saya melalui sakit, hingga sampai merenggut nyawanya. Walaupun aku tahu bahwa hidup dan mati manusia, Allah yang menentukan dan bukan karena rokok, namun aku juga yakin bahwa mati juga melalui jalan yang telah Allah takdirkan. Dan jalan itu bisa melalui kecelakaan, bencana, tsunami, ataupun rokok.
Dahulu, sebelum ayah masuk rumah sakit. Hampir sekitar 6 bulan rawat jalan, bertemu dengan banyak dokter ahli dari spesialis tulang, fisio, organ dalam, paru dan lain sebagainya. Namun satu dokter yang mengetahui bahwa ayah saya adalah perokok berat adalah dokter ahli tulang! saya penasaran dan menanyakan bagaimana beliau tau kalo ayah saya perokok berat. Bu dokter pun memberikan penjelasan singkat, yang mana intinya adalah dapat dilihat dari hasil rontgen yang mana tulang terlihat lebih transparan dan tidak padat, hal ini karena proses merokok dalam jangka waktu yang sangat lama. Dan hal itu memang benar, bahwa ayah merokok dari SMP hingga berumur sekitar 53th.

Walaupun bapak telah berhenti merokok sekitar 4 bulan saat itu, namun akumulasi yang lama membuat proses kerapuhan tulang atau dikenal osteoporosis menjadi sangat terlihat dan memiliki efek yang banyak tidak hanya ketulang, namun juga kepada tingkat kekentalan cairan tubuh.
Saya pun sebenarnya sulit mengerti -mungkin karena saya tdk pernah merokok- mengapa banyak orang yang merokok di dunia ini padahal pada bungkus rokoknya pun sudah tertera berbagai efek negatif jika kita merokok, yang lebih aneh adalah beberapa kali saya temui ada juga dokter yang sangat mengerti tentang kesehatan dan memberi nasehat kepada pasiennya untuk tidak merokok, yg disaat bersamaan saat ia memberi nasehat malah merokok didepan pasiennya!
Saya sangat berharap sekali, dengan adanya tulisan ini akan banyak orang yang berpikiran ingin merokok mau untuk berpikir  kembali atas keinginannya merokok.Dan untuk yang telah merokok, untuk mau berhenti merokok saat ini juga… jika susah maka lakukan secara bertahap sebelum terlambat. Berikut saya berikan berbagai hal mengenai merokok, berdasar pengalaman pribadi dan kumpulan dari internet.
1. Saya masih muda/saya baru mulai merokok. Saya akan berhenti beberapa tahun lagi!
Ketahuilah, itu adalah bohong besar! mengapa? karena saya sudah menemui banyak orang yang berpikiran seperti itu dan tidak berhenti hingga sakit parah mendatanginya. Sekali anda merokok dan tidak memiliki niat yang super untuk berhenti, maka tidak mungkin anda akan bisa berhenti! walaupun anda sudah membuat target semisal 1 minggu, bulan, ataupun tahun kedepan. Tapi anda baru akan menyadarinya setelah sakit berat datang pada anda!!!
2. Kalo aku ga merokok, aku jadi banci! ga macho, ga seksi dan ga berwibawa didepan kekasihku...
Bullshit!! sebenarnya itu hanyalah penggambaran yang dibuat para produsen rokok dalam iklan mereka. Memang saat iklan, kita melihat para pemeran yang seksi, gagah, mengendarai motor dengan action yang mantap dan lain sebagainya, tapi ketahuilah semua itu adalah keinginan para pabrik rokok agar anda berpikiran seperti itu, namun sebenarnnya dengan merokok anda akan terkena serangan jantung sehingga harus waspada saat naik kendaraan, anda akan memiliki kulit keriput karena kandungan kimia yang antri di satu batang rokok, gigi anda akan menguning, dan banyak hal negatif lainnya! apakah itu yang dibilang seksi dan macho? halah itu bullshit kan….
3. Aku berhenti, nanti kalo hamil ah…

wkwkwkwk lucu… asal perlu diketahui kemungkinan anda bisa hamil setelah sebelumnya anda menjadi perokok berat adalah kecil! dan jika akhirnya anda hamil, maka akan ada banyak masalah dikedepannya. Bisa jadi proses melahirkan yang sulit, gangguan pada janin, kelahiran prematur dan lain sebagainya
4. Udah deh… kan gw yg merokok! kok lo yang sewot sih!
Hm…sebenarnya itu tidak benar… seperti kata dr. Haryanto Tjahyadi, perokok pasif menerima resiko yang sama dengan perokok aktif, hal ini diakibatkan dari masuknya bahan – bahan berbahaya seperti tar dan karbon monoksida ke dalam paru – paru. Berarti perokok aktif dan bukan perokok tetapi berada disekitar perokok aktif, sama-sama mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan. Lebih lanjut perokok pasif lebih mudah menderita iritasi mata akibat gangguan asap rokok dari perokok aktifnya. Dan bahkan penderita asthma yang menjadi perokok pasif, akan lebih mudah terkena serangan asthma dibandingkan dengan perokok aktif.
5. Tenang bro… rokok gw mild kok…
 kalau itu sih emang saya gag ngerti… tapi kalo menurut Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, rokok “mild” atau “light” sebernarnya memiliki kandungan yang dengan rokok pada umumnya termasuk lead, ammonia, benzene, DDT, gas butane, carbon monoxide, arsenic dan polonium 210. Hanya mungkin kadarnya yang dikurangi.
yah mungkin masih banyak alasan bagi orang untuk merokok, dan melanjutkan kebiasaan merokoknya. Namun saya sangat berharap kalian para perokok dapat berhenti… bukan karena fatwa rokok itu haram namun atas kesadaran bahwa merokok tidak membawa kebaikan bagi anda juga teman sekitar anda. Terakhir berikut ada gambar mengenai rokok

dan ini adalah video yang perlu anda lihat:

 

About asyhadione

jusT an Ordinary man

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: