Takut disalah gunakan…

Ingat dengan sebuah kisah atau mungkin pernah mendengarkan atau jangan2 ini pertama kali tau mengenai kisah dimana saat pemakaman khalifah, sebelum Umar bin Abdul Aziiz menjadi penggantinya? disaat pemakaman tersebut selesai, umar bin abdul aziiz sebagai khalifah baru sudah ditunggu kendaraan dinas… namun umar menolaknya!!!
Atau mungkin kisah dimana umar bin abdul aziiz kedatangan tamu dari jauh untuk ngobrol masalah pribadi pada malam hari diruang kerjanya? kemudian umar mematikan lampu penerangan karena beralasan bahwa lampu tersebut dibiayai oleh rakyat sehingga obrolan pribadi tidak selayaknya menggunakan fasilitas negara!
Kalau pernah tau, dengar ataupun baru tau cerita tersebut sekarang. Ketahuilah untuk bisa bersikap seperti khalifah umat bin abdul aziiz sangatlah sulit. Mungkin barangnya sudah bukan kuda tunggangan terbaik, atau lampu penerangan berbahan bakar minyak seperti masa itu. Dan saya tidak bermaksud menyindir, presiden, anggota TNI Polri, ataupun anggota DPR yang terhormat. Namun ini adalah muhasabah untuk saya, juga cobaan untuk saya.
Bagaimana tindakan anda saat anda ditawarkan hal-hal berikut:
1. Disediakan PC dengan ram 4Gb, prosesor i7 dan hardisk 8Tb?
2. Laptop dengan ram 2 Gb, processor i3, dan hardisk 320Gb?
3. Modem GSM 3G dan akses internet dirumah free ditanggung kantor?
4. Hdd eksteral 2Tb untuk mobile?
5. Flasdisk 16Gb untuk mobile?
6. Mp4 16Gb untuk merekam suara dan penyimpanan?
7. Tablet pc(ipad) untuk presentasi dan notulensi?

Ketahuilah, saya bingung saat ditawari hal-hal tersebut… dan entah sampaikan saya bisa menolak untuk tidak menerimanya…
saya hanya memilih yg pertama, karena aman dikantor terus. Sisanya saya takut salah menggunakan dan takut lupa bahwa itu milik rakyat dan bukan milik saya…
Ya Allah kuatkan iman ini, dan tunjukkanlah pada kami jalan yang lurus… sesungguhnya engkaulah yang membolak-balikan hati… 
Takut disalah gunakan…(21-08-10:23.23) Ingat dengan sebuah kisah atau mungkin pernah mendengarkan atau jangan2 ini pertama kali tau mengenai kisah dimana saat pemakaman khalifah, sebelum umar bin abdul aziiz menjadi penggantinya? disaat pemakaman tersebut selesai, umar bin abdul aziiz sebagai khalifah baru sudah ditunggu kendaraan dinas… namun umar menolaknya!!! Atau mungkin kisah dimana umar bin abdul aziiz kedatangan tamu dari jauh untuk ngobrol masalah pribadi pada malam hari diruang kerjanya? kemudian umar mematikan lampu penerangan karena beralasan bahwa lampu tersebut dibiayai oleh rakyat sehingga obrolan pribadi tidak selayaknya menggunakan fasilitas negara! Kalau pernah tau, dengar ataupun baru tau cerita tersebut sekarang. Ketahuilah untuk bisa bersikap seperti khalifah umat bin abdul aziiz sangatlah sulit. Mungkin barangnya sudah bukan kuda tunggangan terbaik, atau lampu penerangan berbahan bakar minyak seperti masa itu. Dan saya tidak bermaksud menyindir, presiden, anggota TNI Polri, ataupun anggota DPR yang terhormat. Namun ini adalah muhasabah untuk saya, juga cobaan untuk saya. Bagaimana tindakan anda saat anda ditawarkan hal-hal berikut: 1. Disediakan PC dengan ram 4Gb, prosesor i7 dan hardisk 8Tb? 2. Laptop dengan ram 2 Gb, processor i3, dan hardisk 320Gb? 3. Modem GSM 3G dan akses internet dirumah free ditanggung kantor? 4. Hdd eksteral 2Tb untuk mobile? 5. Flasdisk 16Gb untuk mobile? 6. Mp4 16Gb untuk merekam suara dan penyimpanan? 7. Tablet pc(ipad) untuk presentasi dan notulensi? Ketahuilah, saya bingung saat ditawari hal-hal tersebut… dan entah sampaikan saya bisa menolak untuk tidak menerimanya… saya hanya memilih yg pertama, karena aman dikantor terus. Sisanya saya takut salah menggunakan dan takut lupa bahwa itu milik rakyat dan bukan milik saya… Ya Allah kuatkan iman ini, dan tunjukkanlah pada kami jalan yang lurus… sesungguhnya engkaulah yang membolak-balikan hati… 

About asyhadione

jusT an Ordinary man

8 responses to “Takut disalah gunakan…”

  1. KR7 | Kang Robby says :

    Amin….. bener sob, setelah membca tulisan ini saya jadi ingat kembali betapa umar bin abdulaziz pemimpin yang hebat yang belum ada pemimpin indonesia ini yang menyamai beliau…

  2. Fathoni says :

    Ini mmbuat saya teringat situasi saya sendiri; tidak sama persis sih…Singkatnya, pikiran & ketakutan macem itu juga yg bikin situasi saya sulit utk kerja sampingan di bidang IT, yg secara remote ato bukan. Bagaimana tidak, PC gak punya sendiri… selama ini pake punya skul, artinya sebagian punya negara sebagian bs dibilang punya orangtua siswa…

  3. blame says :

    kang robby: umar ada karena orang tua yg juga alim dan taat agama… mari kita wujudkan dengan membangun keluarga yg juga cinta akhirat…mas fath: iya bener… dpt laptop takut kepake maen game.. hdd gede malah buat nyimpen pelem..wes jan cobaan.. mending beli sendiri walo cuma 500Gb.. hehehe

  4. casmadi says :

    klo dapet ujian yang gak enak sih biasanya gampang, nah ini kasih ujian yang enak2 semua, luar biasa klo bisa istiqomah, moga istiqomah nur😀

  5. blame says :

    amin… makasih mas cas… gimana dah jadi daftar cpns bakos?

  6. casmadi says :

    klo testnya hari sabtu, aku ikut!!!😀, mengutip andrea hirata "Berbuat terbaik dititik kita berdiri, sesungguhnya itulah sikap hidup realistis"

  7. blame says :

    pengalaman tahu kemarin sih selalu sabtu ato minggu. karena yang jaga kan pegawai bakos juga cas… hehehe semoga dapet makan dan snack spti tahun kemarin.

  8. ekonugroho says :

    saya termasuk yang nggak mampu seperti apa yang mas nur tulis…😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: