5 sila versus 5 rukun

Hasil kajian beberapa hari yang lalu, setelah selesai kuliah di universitas #ramadhan.
Sebuah pertanyaan sederhana dari murobbi *baca: guru ngaji* mengenai hasil/output dari kuliah sebulan di ramadhan kemarin. Bagaimana perasaan kalian setelah ramadhan berakhir? lebih mengena dalam hati hasil shaum kemarin? lebih mengena mana antara 5 sila pancasila dengan 5 rukun islam yang kalian kerjakan?
xixixi tanyakan hal ini kepada diri sendiri, masih ingat mana 5 sila dalam pancasila atau 5 rukun islam? sekiranya baru bangun tidur selama 8 jam dimalam hari, atau tidur cepat di siang hari… kemudian ditanyakan sebutkan 5 sila dalam pancasila…! dan ditanyakan 5 rukun islam! mana yang langsung terjawab…? ga perlu urut, yang penting terjawab…
Silahkan renungkan sendiri…
===     ======     ======     ======     ======     ===
Padahal tanpa atau dengan kita sadari, Allah telah banyak mengingatkan kita dengan kadarnya masing2 untuk selalu memperbaharui ingatan kita mengenai 5 rukun islam ini. Sadarkah kita bahwa:

1. Kita minimal memperbaharui syahadat kita 9x! dalam sehari coba hitung saja hanya untuk shalat wajib lho itu…
2. 5x minimal kita diajak “berbincang” dengan Allah melalui shalat, agar kita terjaga dari perbuatan munkar *baca: buruk*
3. Rukun ketiga adalah Zakat, taukah anda. dari rukun pertama yang sehari 9x, kemudian rukun kedua yang sehari 5x, Allah mengerti bahwa kita cinta dengan harta… maka Dia hanya mewajibkan zakat minimal setahun sekali, atao beberapa ahli tafsir sebulan sekali melalui zakat maal.
4. Dan kadar Allah semakin ringankan saat menuju ke rukun islam selanjutnya, yaitu Shaum. Cukup sekali saja dalam setahun! untuk ramadhan, dan jika ingin lebih disayang Allah, lakukan selang sehari. Dan tidak ada yang lebih baik dari shaum selang sehari. Karena Allah tahu, dan tak ingin mendzalimi hambanya.
5. Ini adalah rukun yang kelima, Haji. Kerjakan hanya jika engkau mampu… Allah tak membebani hambanya diluar kemampuannya.. dan kerjakan cukup hanya sekali seumur hidupmu.
Betapa Allah sanget perhatian dengan kita.. renungkanlah.. setelah kuliah di universitas ramadhan… apa hasilnya sekarang ini? tadarus tetap setiap hari? dhuha tetap kau jalankan? shalat malam masih ingat? tertarik untuk shaum senin-kamis? masih ingat bersedekah? hm…. “cambuk” ini untuk saya pribadi

About asyhadione

jusT an Ordinary man

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: